Selain Menghindari Faktor Risiko, Ketahui Metode Pengobatan Tinea Corporis

Desember 19, 2019 Kesehatan  No comments

Infeksi jamur pada kulit memang banyak jenisnya. Tinea corporis adalah salah satunya yang mempunyai gejala berupa ruam kemerahan di kulit berbentuk lingkaran cincin atau bulatan melingkar. Penyakit kulit ini juga disebut dengan ringworms atau kurap. Pengobatan tinea corporis ini harus dilakukan sejak awal timbul gejalanya agar cepat sembuh, tidak banyak menyebar, dan agar tidak berbekas.

Faktor Risiko Tinea Corporis

Banyak faktor risiko yang harus dipahami dari gangguan infeksi jamur pada kulit. Hal ini bertujuan agar infeksinya tidak semakin parah ataupun menyebar. Untuk itu, Anda harus memahami apa saja faktor risiko yang menyebabkan seseorang bisa terkena tinea corporis dan mengalami berbagai gejalanya yang sangat mengganggu. Rasa percaya diri juga tentu berkurang ketika mengalaminya.

Jamur yang menginfeksi kulit dan menyebabkan penyakit ini adalah jamur dermatofit yang suka dengan kondisi lingkungan yang lembab dan hangat. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kebersihan kulit dan lingkungan sekitar agar jangan terlampau lembab. Usahakan selalu bersih dan tidak lembab. Tubuh yang berkeringat juga mampu menjadi salah satu risikonya.

Jarang mengganti baju atau pakaian dalam juga menjadi faktor risiko terkena infeksi jamur ini. mencuci baju yang kurang bersih atau memakai baju yang belum kering juga berpotensi mengalami gangguan infeksi jamur karena kondisinya yang lembab dan kemungkinan ada jamur yang menempel.

Baju yang belum dicuci dan dipakai berulang juga menyumbang banyak risiko. sering mengenakan pakaian luar atau pakaian dalam yang ketat juga berpotensi menyebabkan infeksi jamur karena kondisi kulit yang lembab. Keringat yang keluar dari dalam tubuh akan tertahan dan menyebabkan kondisi yang lembab dan berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur.

Selain langsung melakukan pengobatan tinea corporis, Anda juga harus menghindari faktor risiko lainnya yaitu berbagi handuk, sisir, atau topi dengan orang lain yang berpotensi menyebabkan infeksi jamur. Faktor kondisi tubuh yang mengalami obesitas juga sangat berpengaruh. Jika memakai kamar mandi umum juga sebaiknya perhatikan kebersihannya.

Metode Pengobatan Tinea Corporis

Pengobatan tinea corporis memang harus dilakukan sesegera mungkin sebelum infeksinya makin parah dan menyebar. Pemeriksaan secara medis sangat dianjurkan untuk mengetahui jenis infeksinya, kemudian diberikan penanganan dan pengobatan yang tepat. Dalam sebagian besar kasus, dokter bisa merekomendasikan obat tertentu yang juga tersedia di apotek. Umumnya yang digunakan adalah krim antijamur, salep, lotion, atau bubuk anti jamur yang dapat menghilangkan kurap.

Dilansir dari hellosehat.com, pengobatan di rumah untuk tinea corporis juga bisa dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh. Penderita harus mandi secara teratur agar kebersihan badannya terjaga. Jika berkeringat, segeralah membersihkan badan agar tubuh kembali bersih. keringkan area genital dengan menyeluruh setelah mandi dan buang air.

Mengenakan pakaian longgar atau tidak ketat juga wajib dipenuhi. Usahakan pakaian yang berbahan katun karena bisa menyerap keringat. Tujuannya adalah agar tubuh tidak lembab. Rajin pula dalam mencuci pakaian dan jemur di bawah sinar matahari bisa cepat menyembuhkan infeksi yang diderita. Jangan berbagi handuk ataupun pakaian dengan orang lain agar tak terinfeksi.

Tidak hanya soal mengetahui gejala dan mampu menghindari faktor risikonya saja, penanganan dengan segera perlu dilakukan jika ingin mengatasi suatu penyakit. Gangguan kesehatan kulit yang disebabkan infeksi jamur bersifat mudah menyebar, sehingga harus segera diatasi. Caranya adalah dengan menerapkan metode pengobatan tinea corporis di atas. Pengobatan medis dan konsultasi dokter sangat membantu menuntaskan infeksi jamur di kulit tersebut.

 

Sumber artikel:

hellosehat.com

www.honestdocs.id

 

Sumber gambar:

palembang.tribunnews.com

health.detik.com

www.liputan6.com

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>